Siglus Engine memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut

*bgm = terdapat kumpulan file .nwa yang dapat diputar langsung melalui Garbro. Konversi dari .nwa ke .mp3 atau format lain dimungkinkan.
*dat = berisi informasi mengenai font dan system.
*g00 = Gambar /UI. Konversikan file .g00 ke .png atau format gambar sejenis.
*gan = belum diketahui, beberapa game yang memakai engine serupa tidak memiliki hal ini.
*koe = sesuai namanya, berisi file archive voice dalam archive .ovk yang jika diextract didalamnya terdapat file .ogg dan dapat diputar melalui media player biasa.
*mov = file video, konversi diperlukan. Terdapat 2 versi, yakni 24-bit dan 32-bit. Ubah .omv ke .ogv terkadang terdapat alpha channel yang susah diedit, dan sebelum repack pastikan .ogv dalam YUV444p.
*wav = sama dengan folder koe. Terdapat file .nwa yang dapat dikonversi ke .mp3 atau format serupa. Yang membedakan isi file suara ini sound effect.
Scene.pck = archive script dalam bentuk .ss
Gameexe.dat = pengaturan sistem.
Menemukan Key
File script berada di archive Scene.pck dan archive itu dilindungi dengan enkripsi. Maka dari itu, jika berniat untuk membuka Scene.pck, cari terlebih dahulu Key-nya karena tiap vn memiliki Key yang berbeda. Untuk caranya saya bagi 2 versi
a. Versi Marcus André
b. Versi yanhua0518
- Buka file skf.exe, tunggu hingga muncul pop up window yang menginfokan untuk membuka siglusengine

- Buka vn yang ingin dicari key-nya dengan menjalankan SiglusEngine.exe. Contoh, saya mengambil judul Einstein Yori Ai o Komete (Trial Ver.) *Abaikan saja notifnya.

- Kembali lagi ke jendela skf.exe, disitu akan terlihat keynya. Copy (simpan jika perlu).

Merubah Teks Percakapan / Dialog Utama
- Buka SiglusTools, Select option: unpack scene > Scene file: pilih scene.pck yang berasal dari vn-nya > masukan key tadi di bawah Decryption Key lalu Start. Tunggu hingga selesai.

- Setelah berhasil mengeluarkan file .ss dari Scene.pck, pada Select option klik Dump ss > Start.
- Buka folder Text, dan edit file .txt yang ada di situ.

- Repack file .txt di folder Text dengan memilih Select option Pack ss
- Repack file .ss yang terdapat di folder Output dengan Pack Scene. Pastikan key-nya sudah dimasukan dan Scene folder adalah folder .ss yang sudah berisi teks Indonesia -> Output (default)
- Secara default, hasil repacknya Scene.pck2, ubah ke Scene.pck dan replace ke direkori vn.

- Agar SiglusEngine mendukung wordwrap, gunakan tools SiglusPatcher. Tempatkan SiglusPatcher di folder vn, buka melalui CMD dan jalankan SiglusPatcher, tambahkan perintah -WordWrap SiglusEngine.exe


- VN akan terbuka otomatis, patch word-wrap telah berhasil dibuat. Karena sekarang sudah tersisipi word-wrap dan tidak membutuhkannya lagi, toolsnya boleh dihapus > SiglusKeyFinder.dll, SiglusKeyFinder.pdb, SiglusPatcher.exe, dan SiglusPatcher.pdb.

*Tambahan : untuk memodifikasi teks system, silakan obrak-abrik Gameexe.dat. Teks system seperti apa? Teks judul saat mode window, keterangan system, seberapa besar jarak antar teks, paragraf, jumlah baris dalam satu kali tampilan, dll.
Menerjemahkan UI / Gambar
UI / Gambar terdapat 2 versi. Single layer dan multiple layer. Multiple layer memiliki karakteristik gambar yang memiliki banyak lapisan seperti hover, active, atau pergerakan animasi.

- Gunakan Garbro untuk membuka dan mengextract file title_prologue.g00 dan simpan sebagai .png.

- Buka dengan menggunakan photoshop, urutkan dan berikan nama yang sama sesuai dengan file aslinya. Di paling atas layer tambahkan layer kosong dan berikan nama #CUT.

- Setelah dirasa selesai, simpan dengan format .psd dan pastikan nama filenya sama dengan file induk .g00 yang saat ini sedang diedit (dalam hal ini __sys_title_prologue.psd)
4. Ubah file .psd ke g00 dengan G00packMax
*Original image folder : lokasi file .psd
*G00 folder position : file .g00 dari gambar yang sedang diedit di photoshop (Akan direplace file repack)
Klik search dan pilih nama file yang ingin direpack > Start Compression

5. Copy file dari direktori g00 folder position: dan replace ke folder g00 di direktori vn

Referensi & Tools
https://github.com/marcussacana/SiglusSceneManager
https://github.com/yanhua0518/GALgameScriptTools
https://github.com/xmoeproject/SiglusExtract
g00tools