Einstein

Siglus Engine

Siglus Engine memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut

Direktori vn Einstein

*bgm = terdapat kumpulan file .nwa yang dapat diputar langsung melalui Garbro. Konversi dari .nwa ke .mp3 atau format lain dimungkinkan.
*dat = berisi informasi mengenai font dan system.
*g00 = Gambar /UI. Konversikan file .g00 ke .png atau format gambar sejenis.
*gan = belum diketahui, beberapa game yang memakai engine serupa tidak memiliki hal ini.
*koe = sesuai namanya, berisi file archive voice dalam archive .ovk yang jika diextract didalamnya terdapat file .ogg dan dapat diputar melalui media player biasa.
*mov = file video, konversi diperlukan. Terdapat 2 versi, yakni 24-bit dan 32-bit. Ubah .omv ke .ogv terkadang terdapat alpha channel yang susah diedit, dan sebelum repack pastikan .ogv dalam YUV444p.
*wav = sama dengan folder koe. Terdapat file .nwa yang dapat dikonversi ke .mp3 atau format serupa. Yang membedakan isi file suara ini sound effect.
Scene.pck = archive script dalam bentuk .ss
Gameexe.dat = pengaturan sistem.

Menemukan Key

File script berada di archive Scene.pck dan archive itu dilindungi dengan enkripsi. Maka dari itu, jika berniat untuk membuka Scene.pck, cari terlebih dahulu Key-nya karena tiap vn memiliki Key yang berbeda. Untuk caranya saya bagi 2 versi

a. Versi Marcus André

Perhatikan videonya baik-baik

b. Versi yanhua0518

  1. Buka file skf.exe, tunggu hingga muncul pop up window yang menginfokan untuk membuka siglusengine
  1. Buka vn yang ingin dicari key-nya dengan menjalankan SiglusEngine.exe. Contoh, saya mengambil judul Einstein Yori Ai o Komete (Trial Ver.) *Abaikan saja notifnya.
  1. Kembali lagi ke jendela skf.exe, disitu akan terlihat keynya. Copy (simpan jika perlu).

Merubah Teks Percakapan / Dialog Utama

  1. Buka SiglusTools, Select option: unpack scene > Scene file: pilih scene.pck yang berasal dari vn-nya > masukan key tadi di bawah Decryption Key lalu Start. Tunggu hingga selesai.

  1. Setelah berhasil mengeluarkan file .ss dari Scene.pck, pada Select option klik Dump ss > Start.
  1. Buka folder Text, dan edit file .txt yang ada di situ.
Tampilan file script dalam fie .txt
  1. Repack file .txt di folder Text dengan memilih Select option Pack ss
  2. Repack file .ss yang terdapat di folder Output dengan Pack Scene. Pastikan key-nya sudah dimasukan dan Scene folder adalah folder .ss yang sudah berisi teks Indonesia -> Output (default)
  3. Secara default, hasil repacknya Scene.pck2, ubah ke Scene.pck dan replace ke direkori vn.
Belum support word-wrap
  1. Agar SiglusEngine mendukung wordwrap, gunakan tools SiglusPatcher. Tempatkan SiglusPatcher di folder vn, buka melalui CMD dan jalankan SiglusPatcher, tambahkan perintah -WordWrap SiglusEngine.exe
  1. VN akan terbuka otomatis, patch word-wrap telah berhasil dibuat. Karena sekarang sudah tersisipi word-wrap dan tidak membutuhkannya lagi, toolsnya boleh dihapus > SiglusKeyFinder.dll, SiglusKeyFinder.pdb, SiglusPatcher.exe, dan SiglusPatcher.pdb.
Word-wrap telah disisipkan

*Tambahan : untuk memodifikasi teks system, silakan obrak-abrik Gameexe.dat. Teks system seperti apa? Teks judul saat mode window, keterangan system, seberapa besar jarak antar teks, paragraf, jumlah baris dalam satu kali tampilan, dll.

Menerjemahkan UI / Gambar

UI / Gambar terdapat 2 versi. Single layer dan multiple layer. Multiple layer memiliki karakteristik gambar yang memiliki banyak lapisan seperti hover, active, atau pergerakan animasi.

Terdapat 5 Layer gambar dalam satu file prolog

  1. Gunakan Garbro untuk membuka dan mengextract file title_prologue.g00 dan simpan sebagai .png.
  1. Buka dengan menggunakan photoshop, urutkan dan berikan nama yang sama sesuai dengan file aslinya. Di paling atas layer tambahkan layer kosong dan berikan nama #CUT.
  1. Setelah dirasa selesai, simpan dengan format .psd dan pastikan nama filenya sama dengan file induk .g00 yang saat ini sedang diedit (dalam hal ini __sys_title_prologue.psd)

4. Ubah file .psd ke g00 dengan G00packMax
*Original image folder : lokasi file .psd
*G00 folder position : file .g00 dari gambar yang sedang diedit di photoshop (Akan direplace file repack)
Klik search dan pilih nama file yang ingin direpack > Start Compression

5. Copy file dari direktori g00 folder position: dan replace ke folder g00 di direktori vn

Referensi & Tools

https://github.com/marcussacana/SiglusSceneManager
https://github.com/yanhua0518/GALgameScriptTools
https://github.com/xmoeproject/SiglusExtract
g00tools