cga_007_1

Perkembangan Yoruboku #1

Ketika membaca tulisan ini, semoga teman-teman dalam keadaan sehat, dan berbahagia.

Sudah lama tidak menulis artikel yang berkaitan tentang terjemahan Visual Novel. Syukurlah, di tahun 2020 ini saya masih diberi kesempatan untuk mengerjakan terjemahan Visual Novel di tengah waktu dan motivasi yang sudah semakin menipis.

Yoruboku sendiri sebenarnya sudah mulai saya kerjakan pada akhir Oktober 2019 lalu. Dari berbagai tawaran yang ada, seperti Karenai Sekai to Owaru Hana, Re:Tryment, hingga Amakano 2, saya memilih Visual Novel yang temanya cukup gelap ini.

Alasannya sepele, ketika mencoba memainkan versi Trial hampir semua cerita yang ada di dalamnya bisa mereflesikan pengalaman saya, dalam bidang pekerjaan, maupun ketika kuliah sampai sekarang. Cukup mengejutkan.

Meskipun sebagai Visual Novel, Yoruboku ini memiliki gaya penulisan skenario yang tidak rapi. Baik dari segi bahasa, maupun pemilihan kata. Padahal, visual yang disajikan sangat mendukung. Visual Novel ini stafnya juga unik, karena sebagian besar berpengalaman di judul-judul Nukige, daripada Visual Novel berjenis Eroge pada umumnya.

Namun, tidak masalah. Ceritanya masih bagus, dan relevan untuk dimainkan saat ini. Terutama bagi teman-teman yang ingin membaca renungan berbagai masalah yang terjadi di masyarakat baik dari sisi buruknya, maupun sisi baiknya. Intinya, dengan VIsual Novel saya harap teman-teman bisa mendapat bacaan yang bisa dijadikan refleksi diri ketika teman-teman sudah terjun dalam masyarakat.

Lalu, karena ini proyek yang masuk iseng, jadi jangan berharap progres yang ngebut seperti orang yang lari ke kamar mandi karena sakit perut. Silakan sebulan, atau dua bulan sekali melihat perkembangan progresnya.

Tentu saja, karena saya sendiri, kalau ada yang berkenan membantu, saya persilakan. Langsung saja japri.

Yah, semoga di tengah-tengah pandemi yang memberatkan berbagai kalangan. Dan di tengah menipisnya motivasi orang-orang di sekitar saya tentang Visual Novel, Yoruboku bisa jadi mainan baru
kalau sudah rilis nanti.

Sekian,
Terima kasih.

Robet Fujita

Tags: No tags